Oleh: mgmpjepangjatim | 16 November 2009

Presentasi Bahasa Jepang – Pembelajaran yang Menyenangkan

cover

Pembelajaran di sekolah mempunyai peran penting terhadap kemampuan kognitif (akademik) para siswa. Jika pembelajaran yang berlangsung di sekolah sudah menjadi sesuatu yang kurang menarik atau bahkan membosankan bagi siswa, maka akan menjadi kesulitan tersendiri bagi guru untuk menstranfer ilmu. Demikian pula siswa, akan kesulitan dalam menerima ilmu.
Metode pembelajaran yang menyenangkan, yang menuntut siswa untuk aktif dan inovatif telah banyak dibahas di berbagai media. Maka dalam presentasi kali ini, tidak akan dibahas berbagai metode atau teknik pembelajaran seperti tersebut di atas. Namun, akan dibahas bagaimana cara mengawalinya sehingga bisa berlangsung lebih menyenangkan, dan membuat siswa bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Ini adalah presentasi pembelajaran yang juga disampaikan dalam pertemuan MGMP bulan Nopember 2009.

Silakan download presentasinya di link berikut

Klik untuk Download


Responses

  1. Ohayou gozaimasu.
    saya novi, lulusan 2009, baru saru semester ini mengajar di akademi pelayaran (setara D3). karena bahasa jepang masih baru diajarkan di akademi tersebut, saya agak kebingungan saat menyusun modul pembelajaran yang cocok, terlebih kami diminta untuk fokus ke percakapan. saya berpikir, jika tidak belajar bunpo, percakapan jadi sebuah hafalan saja tanpa mengerti maksud kata-katanya..
    saya bingung bagaimana baiknya dan bab-bab apa saja yang kira.nya penting untuk diberikan kepada mahasiswa.

    mohon saran dan bantuan sensei.gata.. >_<
    doumo arigatou gozaimasu.

  2. Pengajaran bahasa memang harus diberikan sesuai dengan kebutuhan dan porsinya. Kalau di sekolah ibu Novi membutuhkan fokus ke percakapan, maka akan lebih bagus jika tema-temanya disesuaikan dengan dunia pelayaran. Mengenai hal ini saya belum banyak pengalaman.
    Tapi, meski percakapan jadi fokus utama, memang bunpou harus dijelaskan pula. Mengenai bunpou banyak buku yang menjelaskan ttg tata bahasa, baik dalam b indonesia (misal karangan Pak Drajat-gramedia) atau dlm b inggris dan jepang.

    Saran saya : Coba ibu cari di internet tentang percakapan yang bertemakan pelayaran. Saya dulu pernah mengajar calon tukang las dan pemagang ke Jepang. Saya mendapatkan modul ttg peralatan tukang dsb, tapi dalam bhs Jepang. Namun sayang saya tdk sempat memfotocopy…..

    Sekian masuka saya. Mohon maaf karena banyak kurangnya.
    Kuma-admin blog MGMP


Tinggalkan Balasan

Kategori

